Beri Kuliah Umum di Polbangtan Malang, Kapusdiktan: Lulusan Siap Bekerja dan Jadi agrososiopreneur

udin abay | Sabtu, 22 Februari 2020 , 14:52:00 WIB

Swadayaonline.com - Pada Hari Jumat Tanggal 21 Februari 2020, Kapusdiktan memberikan kuliah Umum di Polbangtan Malang dengan tema Dukungan Pendidikan terhadap Penmgusaha Pertanian Milenial.  Kuliah Umum ini dipimpin oleh Direktur Polbangtan Malang, Dr. Bambang Sudaryanto, dihadiri oleh civitas akademika Polbangtan Malang dan sekitar 500 mahasiswa Polbangtan Malang yang saat ini berada pada tingkat 1, 2 dan 3 dan mengambil jurusan penyuluhan peternakan, penyuluhan pertanian dan agribisnis peternakan.  

Dalam kuliah umum tersebut Kapudiktan menyampaikan perlunya para mahasiswa polbangtan bekerja keras dan belajar agar menjadi lulusan yang knowledeable, siap bekerja dan siap menjadi agrososiopreneur serta berkarakter tangguh.  Di samping itu, para milenial harus smart dalam memanfaatkan inovasi dan teknologi, termasuk teknologi informasi di era digitalisasi ini untuk dapat mendukung karir yang akan dilakukan termasuk menjadi agrososiopreneur yang sukses.  Memperluas jejaring kerja serta mengembangkan kemampuan membaca peluang pasar dan karakter sosial, kemampuan manajerial terutama untuk mengambil keputusan dan memperhitungkan resiko sangatlah penting untuk dilakukan. Kesemuanya ini akan didapatkan dalam proses pembelajaran di Polbangtan Malang melalui sinkronisasi dengan kegiatan utama kementan, yaitu Kostratani serta penumbuhan dan pengembangan pengusaha pertanian milenial.

Dalam kuliah umum tersebut, Kapusdiktan juga melakukan dialog interaktif dengan mahasiswa, di mana beberapa hal terkait dengan pemilihan bisnis, mengapa harus menggerakkan milenial, serta kariri pilihan mahasiswa disikusikan. Diharapkan interaksi ini akan memberikan semangat dan motivasi kepada para Mahasiswa Polbangtan. SY/IWA