Sinergi Penyuluh Pertanian Bondowoso Bersama Tiga Pilar Berantas Covid-19

udin abay | Kamis, 26 Maret 2020 , 15:09:00 WIB

Swadayaonline.com -"Beberapa kejadian alam akhir akhir ini menerpa kita semua utamanya sektor pertanian dan sangat diperlukan tindakan yang arif dan bijaksana dalam menyikapi dan  mengambil keputusan apa yang harus dilaksanakan. Belum usai kejadian alam tersebut, kini wabah virus Corona menyerang Indonesia. Dahsyatnya telah banyak yang menjadi korban diseluruh dunia. Indonesia dan dunia tengah berduka. Oleh karena sangat penting bagi semua masyarakat Indonesia agar selalu sigap, waspada dalam menjaga kesehatan bahkan interaksi dan keluar rumah juga dibatasi. 

Desa Kupang Kecamatan Curahdami Kabupaten Bondowoso yang merupakan salah satu desa binaan dari BPP Congkrong juga merasakan efek dari fenomena tersebut tersebut terlebih Desa Kupang memiliki lahan pertanian yang 90% merupakan lahan tadah hujan. Fenomena alam dari lamanya kemarau, adanya hujan yang sifatnya hanya kiriman sehingga dapat menggeser kalender tanam serta adanya kejadian puting beliung pada medio akhir tahun 2019 dan awal tahun 2020 telah dirasakan oleh masyarakat tani Desa Kupang dan sekarang serangan wabah COVID – 19 atau virus corona makin membuat resah masyarakat.

Khusus pada serangan wabah COVID – 19 penyuluh pertanian di Desa Kupang, Hardianto bersama Kepala Desa Kupang Abdul Fatah, beserta jajaran, Sertu Amin selaku Babinsa, serta Brigadir Deni, Bhabinkamtibmas melakukan penyemprotan masal desinfektan di fasilitas umum desa yang dibuat dari campuran 40 ml pemutih per satu liter air plus 20 ml karbol pembersih lantai dengan memanfaatkan penggunaan alat handsprayer yang dimiliki oleh kelompok tani sebagai media semprot dengan maksud memberantas, mencegah dan membatasi penyebaran virus corona.

Kegiatan ini juga untuk mendukung arahan dari pemerintah untuk penanggulangan COVID – 19 serta menghilangkan rasa resah, cemas masyarakat serta bentuk kebersatuan penyuluh pertanian, kelompok tani, pemerintah desa, babinsa dan bhabinkamtibmas dimana jika masyarakat tani sebagai pahlawan pangan sehat maka akan berdampak pada amannya ketersediaan pangan negara. Stok pangan aman, petani sejahtera, pertanian tetap berjaya. SY/HDT/ASP/YNI