Dampingi Petani di Tengah Pandemi Covid 19, Penyuluh Pertanian Optimalkan Produksi Cabe Melalui Bimt

udin abay | Senin, 06 April 2020 , 16:22:00 WIB

Swadayaonline.com - Pertanian sebagai gerbang terdepan penyedia stok pangan nasional tetap semangat berproduksi pangan di tengah pandemi Covid 19, salah satunya komoditas cabai. Dengan dibantu  penyuluh pertanian, petani memiliki semangat tinggi untuk terus berinovasi meningkatkan produktivitasnya, salah satunya melalui pelaksanaan bimbingan teknis (Bimtek) budidaya cabai di BPP Carenang, Serang, Banten. 

Bimtek yang dilaksakan pada 3 April  2020 tersebut dibimbing langsung oleh M. Hamdi selaku penyuluh pertanian. Bimbingan teknis dilakukan dengan tujuan agar petani cabai  mampu produksi cabai dalam skala besar. Seperti diketahui, cabai selain menambah citarasa makanan, juga mengandung vitamin C yang mampu meningkatkan imunitas tubuh. Adapun bimbingan teknis tersebut dilakukan di Poktan Sentral Karya 1, Desa Cibeber, Kecamatan Cibeber, Kabupaten Cilegon, Banten. Luasan lahan yang digunakan seluas 1 ha dengan varietas jitu dan target produktivitas sebesar lebih dari 2 ton. 

Selain mengajarkan petani untuk dapat berproduksi bagus untuk komoditas cabe, dalam bimbingan teknis tersebut juga diajarkan pentingnya menerapkan protokol pertanian di lapangan guna mencegah Covid 19, antara lain jaga jarak antar petani ketika berinteraksi, hindari salaman dengan petani lain tapi tetap sampaikan salam ke sesama petani, hindari berkerumun ketika mengambil pupuk, benih, obat-obatan pertanian baik di toko pengecer maupun di lahan, serta gunakan peralatan pertanian sendiri dan selalu jaga kesehatan. #pertaniancegahcorona #PertanianTidakBerhenti. SY/VR/VNL/PUSDIK