Cargil dan Nestle Perkokoh Dukungan untuk Petani Kakao Indonesia

udin abay | Kamis, 25 Maret 2021 , 21:58:00 WIB

Swadayaonline.com - Untuk memperkuat komitmennya  terhadap “Cargill Cocoa Promise” yang bertujuan memastikan sektor kakao berkembang dan berkelanjutan untuk generasi mendatang, Cargill mengumumkan kemitraan baru dengan Nestlé untuk memperluas program Nestlé Cocoa Plan (NCP) yang memberikan manfaat bagi para petani kakao di Sulawesi, Indonesia.

Dimulai dengan sekitar 2.000 petani di tahun ini, program ini meliputi berbagai kegiatan di bawah tiga pilar utama Nestlé Cocoa Plan (NCP) - pertanian yang lebih baik, di mana para petani akan menerima pelatihan praktik pertanian yang baik (good agricultural practices/GAP), dukungan bibit tanaman kakao untuk penanaman kembali dan penanaman pohon peneduh, serta akses perbekalan kebun kakao, kehidupan yang lebih baik, yang akan memperluas sistem monitoring dan remediasi pekerja anak (CLMRS) ke lebih banyak rumah tangga petani kakao melalui kerja sama dengan LSM Save the Children.

Cargill akan memastikan transparansi penuh untuk kakao yang dipasok ke Nestlé dari Indonesia, dengan menggunakan peralatan digital dengan petani dan pemasok bersertifikat, yang memfasilitasi penelusuran rantai pasok. 

“Asia merupakan salah satu kawasan dengan pertumbuhan cokelat paling cepat di dunia dan hal ini membuka peluang bagi Indonesia untuk menjadi produsen kakao paling terkemuka di Asia. Indonesia sudah menjadi penghasil utama kakao sekaligus lokasi pengolahan produk-produk Cargill di kawasan Asia,” kata Francesca Kleemans, Direktur Pengelola Cargill Cocoa & Chocolate Asia Pasifik.

Cargill dan Nestlé telah lama bekerja sama dengan erat dan memiliki visi yang sama untuk mendukung pengembangan secara holistik komunitas petani kakao untuk  jangka panjang. Melalui kemitraan yang berfokus pada keberlanjutan ini, kami menantikan hasil upaya bersama kami dalam meningkatkan kehidupan ribuan rumah tangga petani kakao, dan merevitalisasi posisi Indonesia di dunia sebagai negara penghasil kakao terkemuka.

“Kami sangat senang bekerja sama dengan Cargill untuk memperluas penerapan program Nestlé Cocoa Plan di Indonesia. Kerja sama dengan para pemasok kami adalah kunci untuk meningkatkan keberlanjutan sektor kakao dan kesejahteraan kehidupan para petani kakao. Hal ini adalah bagian dari komitmen kami untuk memperoleh 100% pasokan kakao dari program Nestlé Cocoa Plan pada tahun 2025,” kata Darrell High, Manajer Global Nestlé Cocoa Plan.

Program Nestlé Cocoa Plan di Indonesia dibangun pada kemitraan Nestlé Cocoa Plan yang sudah berlangsung antara Cargill dan Nestlé di negara-negara utama penghasil kakao lainnya di Pantai Gading dan Kamerun yang menjangkau sekitar 15.000 petani kakao dengan berbagai program yang menyeluruh termasuk pelatihan para petani, model pemberian layanan, perlindungan lingkungan hidup, dukungan komunitas dan Sistem Monitoring dan Remediasi Pekerja Anak (CLMRS).