Balitbangtan Dampingi Petani Kembangkan Jeruk di Batang

udin abay | Jum'at, 14 Desember 2018 , 07:15:00 WIB

Swadayaonline.com - Kementerian Pertanian (kementan) melalui Balitjestro Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) beberapa waktu yang lalu telah menyalurkan sekitar 30000 benih gratis jeruk untuk dikembangkan di Kabupaten Batang. 

Hal ini sebagai wujud program perbenihan dan kerjasama antara Balitbangtan Kementan dengan Pemerintah Kabupaten Batang. 

Saat ini benih jeruk tersebut telah tertanam di beberapa wilayah dengan luas sekitar 70 ha, seperti dijelaskan Isnen Ambar Santoso, Kasubbid Lingkungan Hidup dan Pertanian, Badan Penelitian dan Pengembangan Kabupaten Batang.

Sebagai tindak lanjut, tim Balitjestro melakukan pengawalan teknologi di beberapa kebun petani.

Kegiatan ini sebagai bentuk dukungan dalam mengembangkan agribisnis jeruk di Kabupaten Batang,  seperti dijelaskan Susi Wuryantini,  SP MP peneliti Balitjestro selaku penanggung jawab kegiatan, Kamis 13 /12/2018  

Kegiatan pendampingan difokuskan pada pemeliharaan awal pasca penanaman.

Petani diajarkan pemangkasan bentuk, pengendalian hama dan penyakit serta pemupukan dengan didampingi teknisi Balitjestro,  Ady Cahyono SP. 

Tujuannya agar tanaman sehat pertumbuhannya bagus dan ideal. 

Lokasi pendampingan kali ini berada di Kecamatan Reban,  Pecalungan dan Warungasem yang memiliki ketinggian yang berbeda. Varietas yang ditanam bervariatif sesuai dengan kondisi agroklimatnya.  

Beberapa jenis jeruk yang ditanam antara lain Keprok RGL,  Siam Pontianak,  Keprok Terigas, beberapa jenis yang lain. 

Secara umum pertumbuhan tanaman cukup bagus, sehingga petani tinggal merawat dengan mengadopsi teknologi jeruk yang telah diajarkan. SY/HMSL