Pelatihan Dispatch Expert on Agriculture for Myanmar

aa | Senin, 14 Januari 2019 , 16:58:00 WIB

Swadayaonline.com - Minglabar! Demikian ucapan “selamat” dalam bahasa Myanmar untuk mengawali program pelatihan pada kegiatan Dispatch Expert on Agriculture for Myanmar 2018, pada tanggal 7-10 Desember kemarin.

Bertempat di Central for Agricultural Training Center (CARTC) Hlegu, sebuah kota kecil yang berjarak sekitar 1, 5 jam dari Kota Yangon, Myanmar. Program pelatihan tersebut merupakan salah satu kegiatan peningkatan kapasitas di bidang pertanian bagi 30 orang praktisi pertanian, instruktur sekolah pertanian dan tokoh masyarakat yang memiliki latar belakang pertanian. Kegiatan ini merupakan wujud peningkatan peran Indonesia di dunia internasional melalui kerjasama antara Direktorat Kerjasama Teknik (KST) Kementerian Luar Negeri dengan Kementerian Pertanian Myanmar.

Program pelatihan ini dititikberatkan pada peningkatan kapasitas pertanian komoditas hortikultura berupa sayuran berdaun, yang meliputi sistem budidaya dan pengolahan hasil pertanian. Expert yang berkesempatan untuk berbagi pengalaman pada kegiatan ini adalah dua orang widyaiswara dari BBPP Lembang yaitu Ir. Saptoningsih, MP yang mengampu materi pengolahan hasil pertanian dan Dewi Padmisari S, SP., M. Sc untuk materi budidaya sayuran berdaun.

Kegiatan yang berlangsung selama 4 hari ini terbagi atas kegiatan penyampaian materi secara klasikal di dalam kelas dan praktik di luar kelas serta laboratorium pengolahan hasil. Materi yang disampaikan antara lain Group Dynamic sebagai materi penunjang guna menciptakan suasana berlatih yang kondusif di dalam kelas; dan materi Leafy vegetable cultivation on yield, on pot, with verticulture technique also hydroponic system; Making organic pesticide/Compost; Good Handling Practices (GHP); Good Manufacturing Practices (GMP); Making leafy vegetables chips, syrup, cake, nugget and instant vegetables, sebagai materi inti pada kegiatan ini.

Antusiasme peserta pelatihan pada saat kegiatan, terutama pada saat praktik dan keramahan para pengelola training center merupakan kesan dan kenangan tersendiri bagi expert dalam berbagi pengalamannya saat itu. Dukungan dari panitia penyelenggara serta suasana tradisional yang kental dalam kebudayaan Myanmar semakin mempererat rasa persaudaraan yang dirasa oleh kedua negara walaupun kegiatan ini hanya berlangsung dalam waktu yang sangat singkat.

If you think of one year, sow rice If you think of ten years, grow orchards If you think of hundred years, conduct training Demikian quote dari CARTC yang cukup mendalam seiring dengan ruh dari BBPP Lembang sebagai balai besar pelatihan yang mengedepankan pelatihan untuk meningkatkan kapasitas SDM pertanian agar terus berkembang guna menyongsong masa depan bangsa yang lebih baik. Minglabar!. SY/CTY