Pendampingan Pelatihan Budidaya Pertanian Organik

udin abay | Selasa, 22 Januari 2019 , 18:16:00 WIB

Swadayaonline.com - Jumat (18/01/2019), Widyaiswara Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Lembang, Riyadi Pratiwa dan Penyuluh PPL melakukan kegiatan pendampingan kepada peserta Pelatihan Onsite Training Model Extra (goes to Organic) Angkatan I, tepatnya di anggota Kelompok Tani Baraya Tani di Pasir Angling Desa Suntenjaya Kecamatan Lembang.

Materi pendampingan yaitu tentang persiapan secara teknis bagaimana budidaya pertanian secara organik. Anggota kelompok tani ini baru memulai budidaya pertanian secara organik karena dirasakan manfaatnya setelah beberapa kali mengikuti sesi dalam pelatihan OTM Extra. Tanaman selama ini yang dibudidayakan yaitu tanaman sayuran seperti tanaman mint, pakcoy, dan berbagai sayuran daun lainnya.

Pemasaran sayuran organik menjadi permasalahan yang ditanyakan oleh petani. Riyadi menyampaikan, “BBPP Lembang bekerjasama dengan Taiwan Technical Mission akan berusaha membantu proses pemasaran sayuran bagi alumni pelatihan, dengan dibangunnya packing house dan dibentuknya asosiasi petani alumni OTM yaitu Bandung Vegetables Station (BAVAS) dan sekarang ini dengan program Lembang Agribusiness Incubation Center (LAIC) yaitu melakukan perintisan usaha pemasaran produk sayuran hasil petani alumni OTM ke berbagai pasar modern dan hotel/restoran”. SY/CHE