Kingkit Tanaman Eksotis Kepulauan Seribu

udin abay | Rabu, 13 September 2017 , 07:14:00 WIB

Swadayaonline.com - Indonesia kaya akan sumber daya genetik yang unik dan menarik, salah satunya adalah Kingkit (Triphasiatrifolia) yang terdapat di Kepulauan Seribu.  Tanaman ini merupakan kerabat jeruk (genus Citrus), dari family Rutaceae yang bias ditemukan di Asia Tenggara tropis, seperti Malaysia, Filipina dan termasuk Indonesia.
 
Pohonnya berupa perdu dengan ketinggian 3-4 m. Daun tanaman ini berupa daun majemuk berjari tiga (trifoliata), dengan tepi daun bergerigi, ujung daun terbelah, serta berwarna hijau tua mengkilap, Mahkota bunganya berwarna putih dengan jumlah lima dan berukuran kecil (10-13mm).

Bunga Tanaman ini dapat tumbuh mulai dari dataran rendah sampai dataran tinggi, baik pada suhu panas, maupun dingin, dengan kondisi sinar matahari penuh. 

Buah tanaman ini berwarna merah, bertipe hesperidium dengan diameter 1,2-1,6 cm. Dalam buahnya terdapat berbagai macam senyawa, seperti linalool, tripasol, methyl, umbeliferone, coumarins, 2-3 dhyroxy butyloxy.  Fungsi dari senyawa-senayawa tersebut antara lain: dapat mengeluarkan dahak, menenangkan pikiran, mengatasi penyakit kulit dengan adanya kandungan linalool (sejenis alcohol), bersifat anti jamur, mengatasi infeksi pada luka (dengan adanya kandungan antiseptic pada buah), menyembuhkan diabetes mellitus, mengatasi sakit perut, menjaga dan merawat kuku (sering dilakukan oleh puteri keratin), serta mengatasi masalah pencernaan. 

Di Kepulauan Seribu, tanaman ini banyak dijumpai di halaman depan rumah penduduk, sebagai tanaman pagar atau peneduh, serta sebagian juga dibuat menjadi bonsai yang banyak dicari oleh penggemar bonsai.  Masyarakat di kepulauan seribu menggunakannya sebagai obat batuk dan mengatasi sakit perut. SY