Pembukaan dan Pembekalan PMMB Mahasiswa Polbangtan Medan di PTPN II, III, dan IV

udin abay | Sabtu, 20 Juli 2019 , 15:14:00 WIB

Swadayaonline.com - Perguruan tinggi harus menghasilkan lulusan perguruan tinggi yang memiliki kompetensi yang relevan dengan perkembangan kebutuhan tenaga kerja di perusahaan dan industri. Link and match antara perguruan tinggi dengan industri dapat dilakukan dengan transfer knowledge, transfer teknologi, dan program magang mahasiswa. Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB) merupakan langkah nyata Pemerintah untuk meningkatkan kompetensi lulusan perguruan tinggi agar sesuai dengan kebutuhan dunia kerja.

Peserta Program Magang ini akan mendapatkan sertifikat kompetensi yang diakui di dunia kerja. Sehingga dari PMMB diharapkan mampu menghasilkan SDM Indonesia yang berkualitas, berdaya saing dan siap kerja. Medan, 19 Juli 2019, berlokasi di ruang pisitera, Kantor Pusat PTPN IV Medan, Pusdiktan dan Polbangtan Medan menghadiri acara Pembukaan dan Pembekalan Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB) bagi Mahasiswa Polbangtan Medan di PTPN II, III, dan IV.

Pembukaan PMMB tersebut dihadiri oleh Direktur SDM PTPN IV Bapak Rizal Damanik, Direktur Polbangtan Medan Ibu Yuliana, dan Kasubbid Kelembagaan Pusdiktan Ibu Siti Syamsiah. Pembukaan PMMB dilakukan oleh Direktur SDM PTPN IV, dalam sambutannya Rizal Damanik menyampaikan bahwa “Harapannya dengan adanya PMMB, mahasiswa yang mendapatkan kesempatan ini akan menjadi pionir terdepan dalam menghadapi Revolusi Industri 4.0 dan juga menjadi pemimpin masa depan Indonesia yang jujur dan berattitude”.

Dalam sambutannya Siti Syamsiah berpesan kepada mahasiswa Polbangtan Medan, “Bahwa PMMB merupakan kesempatan yang harus dimanfaatkan oleh mahasiswa Polbangtan Medan dengan sebaik-baiknya untuk menggali ilmu, pengalaman dan potensi yang ada dalam diri masing-masing”. Dimana PMMB bisa dijadikan sarana untuk mengaplikasikan ilmu dan tempat untuk belajar untuk bekerja di dunia kerja nyata”.

Direktur Polbangtan Medan, Yuliana menyampaikan pesannya kepada mahasiswa/I, Ïbu ingatkan kepada adik-adik semua, jagalah nama institusi dan PMMB ini merupakn try out bagi kalian untuk program selanjutnya yang akan diteruskaan oleh adik tingkat kalian, tunjukkan attitude yang baik serta berikan yang terbaik”. Pada acara pembukaan tersebut, berlangsung pula penandatanganan MoU antara mahasiswa Polbangtan Medan sebagai peserta dengan pihak PTPN II, III, dan IV. Hasil dari penandatangan MoU tersebut ialah pembagian teknis jumlah mahasiswa dengan rincian sebagai berikut : 10 orang mahasiswa di PTPN II, 15 orang mahasiswa di PTPN III, dan 15 orang mahasiswa di PTPN IV. PMMB akan berlangsung selama 6 bulan, mulai dari 22 Juli 2019 hingga 22 Desember 2019.

Kegiatan Magang ini merupakan implementasi dari kerjasama yang telah disepakati antara Polbangtan Medan dan PT Perkebunan Nusantara. Mudah – mudahan implementasi dari kerja sama dapat meningkatkan SDM Indonesia agar lebih baik ke depannya. SY/SSH