Mahasiswa Wahid Hasyim Belajar Pertanian di BBPP Lembang

udin abay | Selasa, 12 Desember 2017 , 19:14:00 WIB

Swadayaonline.com  - Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Lembang menerima 47 orang peserta Kuliah Kerja Lapang dari Fakultas Pertanian Universitas Wahid Hasyim Semarang, Selasa (12/12/2017).

Rombongan diterima secara resmi oleh Kepala Bidang Penyelenggaraan Pelatihan, Rokhedi, S.Pt. Dalam penjelasan singkatnya, Beliau menyampaikan tugas fungsi BBPP Lembang sebagai pelaksana teknis Kementerian Pertanian dalam melatih penyuluh dan petani dibidang pertanian.

Rokhedi mengatakan bahwa masa depan pertanian ada ditangan para generasi muda, karenanya harapan kami kalian generasi muda agar mau terjun kedunia pertanian. BBPP Lembang merupakan tempat belajar bagi semua pihak, dengan berbagai teknologi pertanian yang diterapkan, semua dapat dipelajari.

Pada kegiatan tersebut, peserta diajak mengelilingi lahan praktik seluas 2,5 hektar yang dimiliki BBPP Lembang. Mereka diberikan penjelasan tentang pemanfaatan pekarangan di perkotaan dengan teknologi vertikultur, yang dijelaskan dengan rinci oleh salah seorang widyaiswara BBPP Lembang, Anda Suhendi.

Di sudut lahan praktik lainnya, pengelola Screen Aeroponik, Beben , dari BBPP Lembang juga menjelaskan proses pembibitan kentang dengan menggunakan teknologi Aeroponik.

Peserta juga memperoleh penjelasan dari pengelola screen tanaman hias, Elis, tentang budidaya tanaman hias mawar yang ada di salah satu screen di lahan praktik BBPP Lembang. SY/CTY