Membangun Potensi Kerjasama BBPP Ketindan dengan Dinas Pertanian Kabupaten Buleleng

udin abay | Sabtu, 07 Desember 2019 , 23:42:00 WIB

Swadayaonline.com - Sejumlah 20 orang pegawai  yang meliputi pejabat struktural, penyuluh, petugas POPT, mantri tani dan staf melaksanakan studi banding sekaligus membangun jejaring kerjasama pelatihan untuk peningkatan SDM di Dinas Pertanian Kabupaten Buleleng. Sekretaris Dinas Pertanian, Leli Made Nurhayati mewakili Kepala Dinas yang berhalangan pada kegiatan tersebut menyampaikan permohonan maaf,  bahwa sedianya Kadistan ingin hadir sekaligus mengucapkan terima kasih atas kerjasama yang telah dijalin selama ini. Apalagi BBBP Ketindan merupakan penanggung jawab Upsus Pajale di Provinsi Bali. 

Diterima oleh Kepala Bidang Penyelenggara Pelatihan,  Astutiningsih beserta jajaran pejabat struktural dan widyaiswara, di Aula Mahkota Dewa,  Sekdis juga menyampaikan permohonan kerjasama tetap berjalan terutama dalam pengawalan pelatihan/ diklat, sertifikasi,  bimtek maupun kegiatan lain untuk peningkatan kompetensi. Sementara itu untuk sertifikasi dari 19 penyuluh masih tersisa 11 untuk bisa ikut sertifikasi. Dan kebutuhan pelatihan dasar ahli bagi penyuluh pertanian serta POPT baik yang PNS maupun yang masih CPNS. 

Tetapi bukan hanya pelatihan kerjasama yang disampaikan,  Sekdis juga menyampaikan budidaya pengembangan sereh merah dan pembuatan minyak atsiri yang sangat berpotensi di kabupaten Buleleng. Oleh karena itu perlu kejelasan pola kerjasamanya sehingga tahun 2020 sudah dianggarkan untuk kegiatan kerjasama tersebut. 

Hal ini disambut baik oleh BBPP Ketindan. Melalui Kabid Penyelenggara Pelatihan,  Astutiningsih, sangat mengapresiasi keinginan kerjasama yang disampaikan oleh Sekdis. Dan selain itu Bali masih menjadi wilayah kerja dari BBPP Ketindan terlepas dari perubahan PJ Upsus selanjutnya. Oleh karena itu,  hal ini akan segera ditindaklanjuti oleh Bidang Program dan Evaluasi untuk membuat pola kerjasama sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan oleh Dinas Pertanian Kabupaten Buleleng. 

Setelah melewati diskusi bersama  acara dilanjutkan dengan meninjau beberapa fasilitas dan sarana prasarana di BBPP Ketindan. SY/YNI