P4S Jatim Siap dukung Kostratani, Gratieks dan Penumbuhan Petani Milenial

udin abay | Kamis, 27 Februari 2020 , 13:20:00 WIB

Swadayaonline.com - Jambore Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan (P4S) Provinsi Jawa Timur sukses dilaksanakan. Acara yg diikuti sebanyak 148 P4S dari 20 Kabupaten di Provinsi Jawa Timur ini dilaksanakan selama 3 hari. Kurang lebih 200 orang hadir dalam pembukaan dan gelar expo dalam kegiatan Jambore P4S. Dengan berbagai agenda kegiatan antara lain Gelar Inovasi Teknologi, Gelar Expo Produk P4S, Workshop, Sosialisasi E-Learning  dan Rakor Forum Komunikasi (FK) P4S Provinsi Jawa Timur. Kesuksesan ini atas kolaborasi yang baik antara P4S Provinsi Jawa Timur, Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP)  Ketindan dan Pusat Pelatihan Pertanian (Puslatan). 

"Ajang silahturahmi di jambore ini dihadiri oleh pengelola P4S baik P4S yang sudah berkembang sampai saat ini maupun P4S yang baru diusulkan untuk di klasifikasi dengan dinas kabupaten/kota sebagai pembina di tingkat kabupaten. Kemudian ajang peningkatan PKS karena di jambore ini juga ada workshop “manajemen kelembagaan P4S” untuk memberikan pengetahunan baru tentang P4S kepada pegelola P4S yang baru diusulkan dan untuk me-refresh kembali bagi pengelola P4S yang sudah berkembang. Di jambore ini jg ada kegiatan sinkronisasi program BBPP ketindan dengan program P4S, " sambut Kepala BBPP Ketindan,  Sumardi Noor.  

Senada dengan apa yang disampaikan oleh Kepala Puslatan  Bustanul Arifin Caya bahwa, "P4S memiliki peran strategis dalam mendukung tumbuhkembangnya pengusaha pertanian milenial, keberadaan P4S diharapkan mampu mentransfer teknologi, inovasi dan kreatifitas pertanian kepada petani milenial dan pelaku usaha pertanian lainnya di perdesaan".

Selanjutnya Sumardi juga mengatakan, "Intinya kegiatan Jambore P4S ini adalah wujud dari kesiapan P4S Provinsi Jawa Timur dalam mendukung program Kementrian Pertanian yaitu menumbuhkan petani milenial dan mendukung ekspor produk pertanian melalui kelembagaan P4S". 

Ahmad Shaiku juga menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya terhadap suksesnya penyelenggaraan Jambore P4S Jawa Timur dihadapan Kapuslatan, Kepala BBPP Ketindan,  Kepala BBPP Batu, Wakil Bupati Kab. Jombang, Kepala Balai Besar Pelatihan (BBPP) Ketindan, Kepala Dinas Pertanian Provinsi Jawa Timur, Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten/Kota se Jawa Timur, Ketua FK P4S Yogyakarta, Dekan Universitas Brawijaya, Dekan Universitas Bayangkara Surabaya,  Dekan IPB, Paiton Energy, Paiton Operation & Maintenance Indonesia (POMI)., peserta pelatihan kewidyaiswaraan dari BLP sentani Papua yang bekerjasama dengan BBPP Ketindan dan 30 petani milenial yang mengikuti pelatihan tematik padi. P4S Jawa Timur siap mendukung Kostratani, gerakan tiga kali lipat ekspor (Gratieks) dan penumbuhan petani milenial secara konsisten. SY/YNI